SILABUS METODOLOGI STUDI ISLAM
SILABUS METODOLOGI STUDI ISLAM
S I L A B U S
Mata kuliah : Metodologi Studi Islam
Babot SKS : 3 SKS
Babot SKS : 3 SKS
Program Studi : PAI, PMH, PBA
Jenis kompetensi : Mata kuliah keilmuan dan keterampilan
Jenis kompetensi : Mata kuliah keilmuan dan keterampilan
Semester : I ( satu )
Elemen Kompetensi : Utama
Elemen Kompetensi : Utama
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Metodologi Studi Islam merupakan mata kuliah untuk semua program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Zainul Hasan. Dalam perkuliaham mata kuliah ini mahasiswa akan diarahkan pada pengenalan beberapa metode dan pendekatan dalam memahami Islam, baik Islam sebagai agama yang telah menjadi pandangan hidup maupun sebagai gejala sosial maupun gejala budaya. Hal ini harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah keragaman dalam berislam yang dilakukan kaum muslimin. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.
Mata kuliah ini termasuk dalam rumpun mata kuliah keilmuan dan keterampilan. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa ini akan memiliki wawasan secaara akademis tentrang berbagai ragam metode dan pendekatan kejian Islam, dan terampil dalam membaca secara analitis terhadap perilaku keberislaman seorang muslim. Munculnya fenomena keberislaman seorang muslim yang fundamentalis, mederat dan liberal merupakan bentuk dari keragaman pemahaman terhadap Islam.
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INTRUMEN PENILAIAN
|
SUMBER BELAJAR
|
01
|
Memahami pengertian, latar belakang dan ruang lingkup MSI
|
Merumuskan pengertian MSI
|
1. Mampu mengurai makna kata metodologi,studi dan Islam secara etimologi
2. Mengidentifikasi karakteristik studi
3. Mampu merumuskan pengertian MSI secara terminology
|
1. Makna MSI secara etimologi
2. Karakteristik studi
3. Pengetian MSI secara terminologis
|
· Secara klasikal fasilitator menjelaskan materi yang akan dikaji
· Mahasiswa mengingat-ingat pengetahuan masa lalu yang berhubungan dengan materi
· Mahasiswa merumuskan pengertian MSI
· Sharing antar mahasiswa tentang pengertian MSI
· Fasilitator menyimpulkan pengertian MSI
|
Unjuk kerja
|
1. Team IAIN Sunan Ampel, Pengantar Studi Islam
2. Sugiono, Statistika Untuk Penelitian
|
Memahami latar belakang pembelajaran MSI
|
Mampu menjelaskan tiga faktor yang melatarbelakangi pembejaran MSI
|
Latar belakang pembelajaran mata kuliah MSI
|
· Mahasiswa di rumah membaca pustaka terkait materi ajar
· Mahasiswa berkelompok (6) mendiskusikan hasil temuannya.
· Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sekaligus sharing
· Fasilitator menyimpulkan hasil diskusi.
|
Unjuk kerja
|
1. Amin Abdullah, Studi Agama Normativitas atau Historisitas
2. Muhaimin, dkk.,Dimensi-dimensi Studi Islam
| ||
Mengetahui ruang lingkup MSI
|
1. dapat menyebutkan objek kajian MSI
2. mampu membuat batasan kajian yang tidak boleh dilampaui MSI
|
Ruang lingkup MSI
|
· Mahasiswa di rumah membaca pustaka terkait materi ajar
· Mahasiswa berkelompok (6) mendiskusikan hasil temuannya.
· Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sekaligus sharing
· Fasilitator menyimpulkan hasil diskusi.
|
- Unjuk kerja
- Tagihan tugas
|
1. Atho Mudzhar,Pendekatan Studi Islam
2. Team IAIN Sunan Ampel, Pengantar Studi Islam
| ||
02
|
Mengidentifikasi penelitian agama dan penelitian keagamaan
|
Mengidentifikasi penelitian agama
|
1. Menunjukkan ciri-ciri penelitian agama
2. Memberikan satu contoh penelitian agama
|
1. Penelitian agama
2. Ciri-ciri penelitian agama
|
· Secara klasikal fasilitator menjelaskan materi yang akan dikaji
· Mahasiswa mengingat-ingat pengetahuan masa lalu yang berhubungan dengan materi
· Mahasiswa merumuskan ciri-ciri penelitian agama
· Sharing antar mahasiswa tentang ciri-ciri penelitian agama
· Fasilitator menyimpulkan ciri-ciri penelitian agama
|
- Unjuk kerja
- Tagihan tugas
|
1. Atang, dkk. Metodologi Studi Islam
2. Atho Mudzhar,Pendekatan Studi Islam
|
Mengidentifikasi penelitian keagamaan
|
1. Menunjukkan ciri-ciri penelitian keagamaan
2. Memberikan satu contoh penelitian keagamaan
|
1. Penelitian keagamaan
2. Ciri-ciri penelitian keagamaan
|
· Secara klasikal fasilitator menjelaskan materi yang akan dikaji
· Mahasiswa mengingat-ingat pengetahuan masa lalu yang berhubungan dengan materi
· Mahasiswa merumuskan ciri-ciri penelitian keagamaan
· Sharing antar mahasiswa tentang ciri-ciri penelitian keagamaan
· Fasilitator menyimpulkan ciri-ciri penelitian keagamaan
|
- Unjuk kerja
- Tagihan tugas
|
1. Atang, dkk. Metodologi Studi Islam
2. Atho Mudzhar,Pendekatan Studi Islam
| ||
03
|
Mengidentifikasi studi Islam normativitas dan historisitas
|
Memahamis studi Islam normativitas
|
1. Menyebutkan ciri-ciri studi Islam normativitas
2. Mengajukan satu contoh studi Islam normativitas
|
Studi Islam normativitas
Karakteristik studi Islam normativitas
|
· Mahasiswa di rumah membaca pustaka terkait materi ajar
· Mahasiswa berkelompok (6) mendiskusikan hasil temuannya.
· Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sekaligus sharing
· Fasilitator menyimpulkan hasil diskusi.
|
- Unjuk kerja
- Tagihan tugas
|
1. Amin Abdullah, Studi Agama Normativitas atau Historisitas
2. Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam
|
04
|
Memahami berbagai pendekatan dalam studi Islam
|
Memahami pendekatan tekstual dalam studi Islam
|
1. Dapat menjelaskan pendekatan studi Islam tekstual
2. Memberikan satu contoh pendekatan tekstual dalam studi Islam
|
Pendekatan normatif
|
- Unjuk kerja
- Tagihan tugas
|
1. Abuddin Nata,Metodologi Studi Islam
2. Atang, dkk. Metodologi Studi Islam
| |
Memahami pendekatan kontekstual dalam studi Islam
|
1. Mewnjelassakan macam-macam pendekatan kontekstual
2. Membuat satu contoh dari masing-masing pendekatan
|
1. Pendekatan sosiologis
2. Pendekatan filosofis
3. Pendekatan historis
4. Pendekatan psikologis
5. Pendekatan filosofis
6. Pendekatan interdisipliner
|
· Presentasi makalah dari masing-masing kelompok diskusi
· Fasilitator memberikan refleksi terbuka perjalanan diskusi
· Secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
|
- Unjuk kerja
- Tagihan tugas
|
1. Abuddin Nata,Metodologi Studi Islam
2. Atang, dkk. Metodologi Studi Islam
| ||
05
|
Menganalisis sumber-sumberr ajaran Islam
|
Menganalisis Al Qur’an sebagai sumber utama
|
1. Merekonstruksi definisi Al-Aqu’an
2. Mengungkap maksud ditrunkannya Al-Qur’an
|
Membongkar Al-Qur’an
|
· Presentasi makalah dari masing-masing kelompok diskusi
· Fasilitator memberikan refleksi terbuka perjalanan diskusi
· Secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
|
- Unjuk kerja
|
1. Quraisy Sihab,Membumikan Al-Qur’an
2. Muhammad Syahrur,Metodologi Fiqh Islam Kontemporer
|
Menganalisis Al-Hadits
|
1. Merekonstruksi definisi Al-Hadits
2. Menjelaskan fungsi hadits bagi Al-Qur’an
|
Membongkar Al-Hadits
|
· Presentasi makalah dari masing-masing kelompok diskusi
· Fasilitator memberikan refleksi terbuka perjalanan diskusi
· Secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
|
- Unjuk kerja
|
1. Amir Mu’allim & Yusdan,Konfigurasi Pemikiran Hukum Islam
2. Muhaimin, dkk.,Dimensi-dimensi Studi Islam
| ||
Menganalisis Ijtihad
|
1. Mengkaji ulang tertutupnya pintu ijtihad
2. Mengkaji ulang karakteristik mujtahid
|
Membongkar ijtihad
|
· Presentasi makalah dari masing-masing kelompok diskusi
· Fasilitator memberikan refleksi terbuka perjalanan diskusi
· Secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
|
- Unjuk kerja
|
1. Amir Mu’allim & Yusdan,Konfigurasi Pemikiran Hukum Islam
2. Muhaimin, dkk.,Dimensi-dimensi Studi Islam1.
| ||
06
|
Menerapkan metode studi Islam dalam kehidupan nyata
|
Menolak sinonimitas Al-Qur’an
|
Menggunakan salah satu metode studi Islam dalam menolak sinonimitas Al-Qur’an
|
Sinonimitas Al-Qur’an
|
· Presentasi makalah dari masing-masing kelompok diskusi
· Fasilitator memberikan refleksi terbuka perjalanan diskusi
· Secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
|
- jUnjuk kerja
|
Muhammad syahrur, Prinsip dan dasar hermeunitka Al-Qur’an
|
Membumikan ajaran Islam
|
Menggunakan salah satu metode studi Islam ketika berinteraksi dengan budaya local
|
Islam pribumi
|
· Presentasi makalah dari masing-masing kelompok diskusi
· Fasilitator memberikan refleksi terbuka perjalanan diskusi
· Secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
|
- Unjuk Kerja
- Jenis tagihan
|
Abdul Mun’iem Saleh, Islam Menatap Masa Depan
|
Komentar
Posting Komentar