METODOLOGI STUDI ISLAM


PENGERTIAN METODOLOGI STUDI ISLAM



Oleh: Sugit Hartono (2010120020062)
1. Pengertian Metode dan Metodologi
Dalam bahasa inggris kata metode ditulis method yang berarti jalan (way), cara (procedure) . Dalam bahasa arab metode disebut manhāj, tharīqah dan uslūb . Dalam bahasa Indonesia, metode mengandung arti “cara teratur yang digunakan untuk memudahkan pelaksanaan suatu pekerjaan agar tercapai sesuatu yang dikehendaki ”.
Sedangkan metodologi berasal dari bahasa yunani yaitu methodos dan logos. methodos dikenal dengan metode yang diartikan dengan cara. Sedangkan logos adalah ilmu pengetahuan. Berdasarkan pengertian tersebut, metodologi adalah ilmu tentang metode atau uraian tentang cara-cara dan langkah-langkah yang tepat (untuk menganalisa sesuatu); penjelasan serta penerapan cara . Dari makna tersebut dapat dibedakan pengertian antara metode dan metodologi.1
2. Arti Studi Islam
Dirosah islamiyyah atau studi keislaman (dibarat dikenal dengan istilah Islamic studies), secara sederhana dapat dikatakan sebagai usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam.2 Dengan perkataan ini “usaha sadar dan sistematis untuk mengetahui dan memahami serta membahas secara mendalam tentang seluk beluk atau hal-hal yang berhubungan dengan agama islam baik berhubungan dengan ajaran, sejarah, maupun praktik pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarahnya.”
Term (istilah) studi islam (Islamic studies: bahasa inggris; atau dirosah al islamiyyah: bahasa arab) dapat diartikan dengan kajian islam.3 Kalimat ini mengandung arti memahami, mempelajari, atau meniliti islam sebagai obyek kajian. Dalam buku-buku dan jurnal-jurnal keislaman biasanya dipergunakan term studi islam untuk mengungkap beberapa maksud.
Pertama, Studi islam yang dikonotasikan dengan aktivitas-aktivitas dan program-program pengkajian dan penelitian terhadap agama sebagai obyeknya, seperti pengkajian tentang konsep zakat profesi. Kedua, studi islam dikonotasikan dengan materi, subyek, bidang, dan kurikulum suatu kajian atas islam seperti ilmu-ilmu agama islam. Ketiga, studi islam yang dikonotasikan dengan institusi-instituisi pengkajian islam baik formal seperti perguruan tinggi, maupun yang non formal seperti forum-forum kajian dan halaqoh-halaqoh.
3. kesimpulan
  1. Metode adalahcara teratur yang digunakan untuk memudahkan pelaksanaan suatu pekerjaan agar tercapai sesuatu yang dikehendaki. Sedangkan, metodologi adalah ilmu tentang metode atau uraian tentang cara-cara dan langkah-langkah yang tepat (untuk menganalisa sesuatu)
  2. Arti dan lingkup studi islam. Arti yaitu secara sederhana dapat dikatakan sebagai usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam.
    Dari pemaparan di atas dapat terungkap bahwa pengertian metodologi studi islam adalah usaha komprehesif secara ilmiah melalui berbagai pendekatan teori penelitian disiplin ilmu untuk mempelajari agama islam dan peran-fungsinya dalam kehidupan umat manusia.

1eling-buchoriahmad12.blogspot.com/2011/06/pengertian-metodologi-dan-sistematika.html
2Tajib, dkk, Dimensi-Dimensi Studi Islam, (Surabaya: Karya Abditama, 1994), hal. 11.
3M. Nurhakim, Metode Studi Islam, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2004), hal.13
1. Pengertian metodologi
Metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk memcapai tujuan (dalam ilmu pengetahuan dsb). Atau cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kgiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Metode juga dapat diartikan sebagai cara yang paling cepat dan tepat dalam melakukan sesuatu.
Metodologi adalah ilmu tentang metode-metode atau uraian tentang metode-metode.
2. Pengertian studi
Studi mengandung arti memahami, mempelajari, mengkaji dan meneliti. Penelitian atau riset adalah suatu metode studi yang dilakukan seorang melalui peyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoreh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.
Penelitian juga bisa dimakanai sebagai upaya manusia untuk mencari kebenaran atau yang dianggap, disepakati sebagai kebenaran.
Ciri penelitian:
· Permasalahannya lebih terfokus· Kedalaman kajiaannya· Adanya penemuan· Rekomendasi terhadap pemecahan masalah· Pengembangan dan· Pengujian terhadap kebenaran yang ada.
3. Pengertian Islam
Sebagian ulama' mendefinisikan islam sebagai:
"Wahyu allah yang disampaikan kepada nabi muhammad saw. sebagaimana terdapat dalam al-qur'an dana as-sunnah , berupa undang-undang serta aturan-aturan hidup sebagai petunjuk bagi seluruh manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kedamaian hidup di dunia dan akhirat."
Islam juga berarti:
ü Kebalikan kafir (Q.S. 3:80)ü Kebalikan syirik ( Q.S. 6:14)ü Berserah diri kepada allah (Q.S. 39:54)ü Tunduk beramal shaleh dan optimis (Q.S. 2:112)ü Tunduk dan ikhlas kepada allah (Q.S. 4:125)
Jadi, metodologi studi islam adalah suatu kajian atas seperangkat konsep-konsep tentang paradigma, pendekatan dan metode yang dipergunakan untuk mengkaji dan meneliti islam sebagai obyek studi.
4. Unsur-unsur metodologi
ü Paradigma: dasar-dasar berfikir tertentu yang dijadikan pijakan awal (starting point) seorang untuk melakukan studi. Dasar-dasar ini selanjutnya dijadaikan cara berfikir (mood of though) dalam melihat permasalahan atau obyek studi. (paradigma akan dibahas dalam bagian ahir materi ini).
ü Pendekatan: adalah sudut pandang (starting view) bagaimana suatu permasalahan didekati, dibahas dan dianalisa berdasarkan sudut (ilmu atau teori) tertentu. Pendekatan-pendekatan itu al:
Pendekatan normatif:
· Pendekatan teologis· Pendekatan filosofis· Pendekatan legalisti· Pendekatan mistik· Pendekatan hermeneutika
Pendekatan historis :
· Pendekatan sosiologis· Pendekatan kultural dan budaya· Pendekatan historis· Pendekatan politis
· Pendekatan psikologis· Pendekatan fenomenologis
ü Metode: adalah cara yang ditempuh oleh seorang penstudi untuk memahami dan mengkaji islam sebagai obyek studi. Metode disini lebih teknis dari pendekatan dan apalagi paradigma.Beberapa contoh metode studi islam:
· Metode ilmiah· Metode doktriner-naqliyah· Metode rasional –aqliyah· Metode ide dan biografi· Metode tipologi perbandingan.


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2288094-pengertian-metodologi-studi-islam/#ixzz20zV3Z7tR

Komentar

Postingan Populer