PROFIL
APRESIASI BUNDA PAUD BERPRESTASI
TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2022
Di Ajukan Oleh :
BUNDA PAUD GAMPONG LHANG KECAMATAN SETIA
KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
Jln. Nasional Tapaktua-Banda Aceh kode pos 23763
No.Hp :082366946776
Untuk mengikuti :
Pemilihan Apresiasi Bunda PAUD Berprestasi
Tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya
Tahun 2022
Yang diselenggarakan oleh:
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat Daya
berkerja sama dengan PKK Kabupaten Aceh Barat Daya
BAPAK KEUCHIK (ASRUDIN)
BERSERTA BUNDA PAUD
GAMPONG LHANG (ITA YULIANA)
KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Tuhan yang Maha kuasa yang telah melimpahkan
rahmad dan hidayahnya, sehingga saya dapat menyusun profil apresiasi Bunda PAUD
Kabupaten Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022.
Dalam menyusun program dan kegiatan Bunda PAUD Gampong kami menyadari
bahwa penyusunan ini masih lebih jauh dari kesempurnaan.
Untuk itu kami harapkan saran-saran dan kritikan yang bersifat membangun
dari semua pihak, semoga dimasa yang mendatang agar program Bunda PAUD Gampong
Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya dapat berjalan lebih baik dan
sempurna
Kami menyadari bahwa tugas Bunda PAUD Kecamatan untuk mengikuti kegiatan
apresiasi Bunda Paud Kabupaten berprestasi tingkat Provinsi Aceh adalah Beban yang tidak ringan.
Demikin profil ini kami buat
dengan sebenarnya, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bapak/ibu dalam
kegiatan apresiasi Bunda PAUD Berprestasi tingkat kabupaten tahun 2022 ini dan
terimakasih.
Bunda PAUD Gampong Lhang Kecamatn Setia Kabupaten Aceh
Barat Daya
ITA
YULIANA
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………………………...i
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………………………….ii
BIODATA BUNDA
PAUD GAMPONG LHANG KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA………………………………………………………………………….iii
BAB I
PENDAHULUAN ……………………………………………………………………….1
A.
Latar
Belakang Masalah…………………………………………………………………1
B.
Tujuan……………………………………………………………………………………2
C.
Ruang
Lingkup Kegiatan………………………………………………………………..2
BAB II PROFIL
GAMPONG…………………………………………………………………...3
A.
Profil
Wilayah Gampong Lhang………………………………………………………...3
B.
Peta
Gampong Lhang……………………………………………………………………8
BAB III PROGRAM
DAN KEGIATAN PELAKSANAAN PROGRAM PAUD……………..10
A.
Angka
partisipasi Kasar…………………………………………………………………10
B.
Dukungan
Pendanaan Program PAUD………………………………………………….12
C.
Pemenuhan
Target Program PAUD……………………………………………………..13
D.
Inofasi
dan Kreatifitas……………………………………………………………………13
BAB IV RENCANA
TINDAK LANJUT…………………………………………………........17
BAB V
PENUTUP………………………………………………………………………………18
LAMPIRAN…………………………………………………………………………………….19
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan Anak Usia (PAUD) adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan
yang ditujukan bagi sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dakam memasuki
pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal dan
informal.
Pendidikan Anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan
pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6
perkembangan : agama, moral, fisik motorik, kognitif bahasa, sosial- emosional,
dan seni, sesusai dengan keunikan dan tahap – tahap perkembangan sesuai
kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam
permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
Selain itu, menurut
Undang-Undang RI No 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan Nasional, Pasal 12
Ayat 2 menyatakan “Selain jenjang pendidikan sebagaimana dimaksud pada Ayat
satu, dapat diselenggarakan pendidikan prasekolah.” adalah pendidikan yang
diselenggarakan untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan keterampilan yang
melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan
atas pendidikan sedini mungkin dan seumur hidup.
Dengan demikian,
Kesadaran akan pendidikan anak Usia Dini telah mendorong pemerintah, dalam hal
ini Departemen Pendidikan Nasional untuk membuat sebuah Rektorat baru yang
bernama Direktorat Penddidikan Anak Usia Dini(PAUD). Undang-Undang Republik
Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional menyebutkan
bahwa” pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan
kepada anak sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmni dan
rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.
Adapun menurut Santoso fungsi pendidikan
anak usia dini adalah supaya perkembangan kemampuan anak dapat berkembang
secara utuh sesuai dengan usianya. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah
satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan
dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan
fisik (koordinasi halus dan kasar), kecerdasan (daya piker,daya
cipta,kecerdasan, emosi, kecerdasan spiritual), social emosional (sikap dan
perilaku Agama), bahasa dan komunikasi,sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap
perkembangan yang dilalui anak usia dini.
Oleh karena itu perkembangan kemampuan
kognitif anak dapat dilihat dari apa yang mereka laukukan, yang didorong rasa
ingin tahu yang besar pada diri anak, dan perkembangan kognitif dapat berkembang dengan cepat, apalagi melaui
permainan yang mengunakan benda yang disukai anak. Anak usia dini memiliki
kepekaan tersendiri pada dirinya, bentuk
interaksi dirinya dengan hal-hal yang berada disekitarnya akan terekam dengan
baik dan menjadi acuan dalam bertindak dikemudian hari. Sehingga bagi pelaksana
pendidikan anak usia dini diperlukan cara yanf tepat dn metode yang tepat pula
dalam melakukan pembinaan terhadap anak usia dini.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka perhatian
terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini menjadi tanggung jawab
semua pihak, tidak hanya lembaga pendidikan anak usia dini saja, tetapi juga masyarakat,
orang tua pemerintah maupun pihak swasta harus bahu membahu menciptakan konsisi
yang kondusif untuk pendidikan anak usia dini. Bunda PAUD Gampong sebagai
jabatan yang melekat pada istri Keuchik Gampong berperan sebagai figur dan
tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Gampong dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan
pergerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Gampong. Untuk itu Bunda PAUD Kelurahan
diamanatkan untuk turut serta dalam memacu perkembangan dan peningkatan
kualitas pendidikan anak usia dini di wilayahnya. Oleh karena tugas mulai itu
maka profil Bunda PAUD Gampong Lhang disusun sebagai referensi bagi semua pihak
yang ingin mengetahui peranan Bunda PAUD Gampong Lhang dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
B.
Tujuan
Berkaitan dengan penulisan Profil Bunda PAUD ini, kami
memiliki maksud dan tujuan untuk menggambarkan aktifasi dan keseriusan kami selaku Bunda PUAD dalam melaksanakan pembinaan terhadap anak usia dini
dengan berkoordinasi dengan ragam instasi agar tujuan dan cita-cita luhur kami
tercapai.
C. Ruang lingkup Kegiatan
Gambaran yang kami berikan adalah berkaitan
dengan keadaan kami di Gampong Lhang khususnya PAUD FAI’DAH ILMU Gampong Lhang dalam
melakukan pembinaan dan pendidikan terhadap anak-anak usia dini di Gampong Lhang
kami tercinta.
BAB. II
PROFIL GAMPONG
A.
PROFIL WILAYAH GAMPONG LHANG
Jumlah Penduduk berdasarkan Jenis kelamin dan
KK
(Data Agustus 2022).
NO |
NAMA GAMPONG |
JUMLAH LAKI-LAKI 2022 |
JUMLAH PEREMPUAN 2022 |
JUMLAH KK 2022 |
JUMLAH PENDUDUK 2022 |
1. |
Lhang |
877 Orang |
929 Orang |
419 KK |
1.806 orang |
1.
Letak Geografis dan Kondisi Wilayah
Gampong
Lhang Terletak dipesisir Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya luas
wilayah Gampong Lhang adalah ± 1230,2
Ha. dengan
Batas-Batas Wilayah sebagai berikut:
·
Sebelah Utara :
Berbatasan dengan Bukit Barisan
·
Sebelah timur :
Berbatasan dengan Gampong Cinta Makmur
·
Sebelah Selatan :
Berbatasan denagan Gampong Ujung Tanah
·
Sebelah Barat :
Berbatasan dengan Gampong Rambong
2. Letak dan Kondisi Geografis
Gampong
Lhang terletak pada bagian pesisir Barat dari Provinsi Aceh dan
diapit oleh pegunungan Bukit Barisan dibagian utara, sedangkan bagian selatan merupakan
daerah Perkampungan Ujung Tanah yang berhadapan langsung dengan Samudera
Hindia.
Kondisi
Geografis
·
Banyak Curah Hujan : Sedang
·
Ketinggian tanah dari permukaan laut : ± 2,25 meter
·
Suhu udara rata-rata : Sedang
·
Topografi (dataran rendah, tinggi,
pantai) : Dataran Rendah dan pantai
Orbitrasi
(Jarak Dari pusat Pemerintahan Gampong)
·
Jarak dari Ibu Kota provinsi : ± 472 Km
·
Jarak dari ibu kota kabupaten / kota : ± 6 Km
·
Jarak dari pusat pemerintahan kota
Adminitrasi : ± 6 Km
·
Jarak dari pusat pemerintahan kecamatan : 500 m
·
Drainase / Talut : 1.775 m
·
Panjang jalan kecamatan : 1 Km
·
Panjang Jalan Gampong : 5,7 Km
·
Panjang jalan setapak :
125 m
3. Jenis-jenis Mata
pencaharian Penduduk Lhang
-
PNS -
Berkebun
-
Buruh tani - Pedagang
-
Buruh bangunan - Industri kecil
-
Tani sawah - Kolam
-
Nelayan -
Perawat
-
Pegawai swasta - Guru
-
Ternak -
Tani ladang
4.
Organisasi
sosial masyarakat lhang
·
Posyandu
·
BUMG
·
Wirid yasin
·
TPA
·
Kelompok pengajian
·
Organisasi Pemuda
5.
Sarana dan
Prasarana yang ada dikampung Lhang
·
Sumber air Minum
-
Sumur
-
Sungai
-
Sumur bor
·
Sekolah
-
PAUD - TK
-
SD -
SMP
-
SMA
·
Puskesmas
· Mesjid
· Pemakaman umun
·
Irigasi
·
Listrik
·
Jalan aspal
6.
Perangkat
Pemerintah Gampong Lhang
No |
Nama |
Jabatan
|
1. |
Asrudin |
Geuchik |
2. |
Irfandi
S.Pd.I |
Sekretaris
gampong |
3. |
Arabi Ahmad
S.Pd.I |
Bendahara |
4. |
Ridwan |
Tuha Peut |
5. |
Nasruddin. Amin |
Ketua Pemuda |
6. |
Amdiman |
Tuha Lapan |
7. |
Julida Andriani,
S.Pd |
Kaur Tata
Usaha dan Umum |
8. |
Nurul sultina
SH |
Kaur
Perencanaan |
9. |
M.Nazir C |
Kadus Sentosa |
10. |
M. Yusuf |
Kadus Bahagia |
11. |
Ismail A |
Kadus
Sejahtera |
12. |
Rizal My |
Kadus Tanjung
Harapan |
7.
Kegiatan Sosial
yang Sering Dilakukan Gampong
Golongan |
Jenis Kegiatan
Sosial |
Pemuda |
·
Bergotong Royong ·
Olahraga ·
Tausiyah keagamaan ·
Shalat Berjamaah ·
Memperingati hari-hari besar Islam ·
Takziyah orang meninggal |
Ibu-Ibu |
·
Pengajian Rutin ·
Wirid Yasin ·
PKK
|
Bapak-Bapak (Orang Tuha) |
·
Kenduri Bungong kaye ·
Kenduri Blang ·
Majelis Ta’lim ·
Gotong Royong ·
Mengujungi anggota majelis yang sakit |
8.
Fasilitas Umum
No |
Jenis
Fasilitas |
Penggunaan
Fasilitas |
Jumlah Unit |
1. |
Fasilitas
Agama |
Dayah Mesjid |
1 2 |
2. |
Fasilitas
Pendidikan |
TPA Pesantren Tk Paud SD SMP SMA |
9 1 1 1 1 1 1 |
3. |
Fasilitas
Ekonomi |
Kelompok Tani |
|
4. |
Fasilitas
Olahraga |
Lapangan Bola
kaki Lapangan
Volly |
1 1 |
5. |
Fasilitas
Kesehatan |
Puskesmas |
1 |
B.
PETA GAMPONG LHANG
VISI PAUD
FAIDAH ILMU:
Membentuk
anak yang kreatif, cerdas, mandiri, terampil, dan berakhlak mulia serta islami
.
MISI
PAUD FAIDAH ILMU:
·
Membekali anak didik
dengan berbagai kemampuan sesuai karakteristik anak.
·
Menanam nilai – nilai
ke agamaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
·
Menyiapkan anak didik
kejenjang pendidikan dasar dengan ketercapai kompetensi dasar sesuai tahapan
perkembangan anak.
·
Mendidik dan melatih
dengan sifat dan sikap kasih sayang.
TUJUAN PAUD FAIDAH ILMU
·
Mendidik anak agar
menjadi anak yg cerdas, kreatif, mandiri, serta mampu membedakan hal yang baik
dan buruk.
·
Menciptakan sekolah
yang berkualitas, serta bernuansa islami untuk membentuk karakter anak yang
berakhlak mulia.
BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN KEGIATAN
PAUD
A.
Angka Partisipasi Kasar
Sebelum masuk pada
angka-angka yang berkaitan dengan partifasi, kami jelaskan terlebih dahulu pembagian usia kurung waktu anak usia dini sekaligus pola
koordinais kami terhadap pembinaan anak usia dini di Gampong Lhang Kecamatan Setia
Berdasarkan keunikannya dalam perkembangan dan
pertumbuhan, anak usiadini terbagi ke
dalam tiga tahapan yaitu : masa bayi usia lahir – 12 bulan, Masa balita usia 1 – 3
tahun, (3) masa pra sekolah usia 3 – 6 tahun, (4) masa kelas
awal SD usia 6 – 8 tahun. KBK (2002).
Berdasarkan pembagian kurun usia diatas, pada fase usia
awal kelahiran hingga 2 tahun kami berkerja sama dengan dinas kesehatan yang
aktif dalam melaksanakan kegiatan POSYANDU di Gampong Kami minggu kedua setiap
bulannya. Sedangkan pada tatran usia dini 0-6 tahun kami berkerjasama dengan
dinas KB dalam melaksanakan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) secara
bersamaan. Jika melirik model BKB ini Gampong Lhang berada pada model yang pertama, yakni
pelaksanaannya dilaksanakan secara bersamaan namun pada tempat yang berbeda sesuai kelompok usia
masing-masing.
PAPARAN DATA
·
PAUD
NO |
Nama Gampong |
KK Yang Memiliki Balita 2-6 Tahun |
Persentase Kaktifan dalam PAUD |
Keterangan |
|
Gampong Lhang |
|
Data PAUD dan Gampong Tahun 2022 |
Data ini menunjukkan angka 21% dikarenakan terdapat pendatang yang telah melakukan pindah
jiwa namun belum melibatkan anaknya
dalam kegiatan PAUD. Dalam proses
ini kami akan berusaha mencapai angka 100%.
·
POSYANDU
NO |
Nama Gampong |
KK Yang Memiliki Balita 0-2 Tahun |
Persentase Kaktifan dalam PAUD |
Keterangan |
1 |
Gampong Lhang |
|
|
Data Keaktifan POSYANDU Hingga Agustus 2022 |
Data ini menunjukkan angka persentasi yang
masih rendah sebagai standar nasional yang menyentuh angka kurang lebih 50%. Selaku Bunda PAUD sekaligus
Ketua Tim Penggerak PKK Gampong Lhang kami akan berusaha meningkatkan kesadaran
masyarakat yang memiliki balita usia POSYANDU agar aktif sehingga ada
peningkatan kesertaan.
·
BKB (Bina Keluarga
Balita)
NO |
Nama Gampong |
KK Yang Memiliki Balita 0-6 Tahun |
Persentase Kaktifan dalam PAUD |
Keterangan |
1 |
Gampong Lhang |
Data Keaktifan POSYANDU Hingga Agustus 2022 |
Data berasal dari Penyuluh Keluarga Berencana
Gampong Lhang Angka ini berasal dari
komulatif antara Masyarakat yang hadir di POSYANDU dan PAUD dimana tempat
pelaksanaan kegiatan BKB dilaksanakan. Perlu dipahami bahwa yang menjadi
sasaran kegiatan BKB adalah orang tua yang memiliki balita.
B.
Dukungan Pendanaan Program PAUD
Dukungan yang kami berikan dalam pelaksanaan kegiatan PAUD di Gampong
Lhang adalah dana tetap yang kami anggarkan setiap tahunnya
yang tertuang dalam APBG. Tercatat pada tahun 2022 dengan besaran anggaran sebesar 24 Juta Rupiah pada tahun 2022 adapun rinciannya
sebagai berikut:
1.
Operasional PAUD: Rp 6000.000:-
2.
Gaji Guru 12 bln: Rp 18.000.000;-
C.
Pemenuhan Target Program PAUD
Hingga kini Gampong Lhang telah memiliki
sarana dan prasarana yang memadai dalam melaksanakan program PAUD Gampong.
Namun demikian, keseriusan kami tetap kami tunjukkan dengan terus melakukan
peningkatan terhadap sarana dan prasarana yang ada seperti pengadaan alat-alat
ajar dan sarana prasarana yang berkaitan dengan pelaksanakan proses belajar
mengajar di PAUD Gampong Lhang.
D.
Inovasi dan Kreatifitas
a.
Berkaitan dengan motivasi dan partisifasi masyarakat, pada umumnya masyarakat Gampong Lhang
telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Kami katakan signifikan karena
kami yakini bahwa manusia akan terus senantiasa berproses dan belum akan sampai
pada kesempurnaan. Namun dengan adanya kebijakan bahwa untuk masuk sekolah
dasar harus menyertakan sertifikat PAUD, maka dengan sendirinya masyarakat
berbondong-bondong untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan pendidikan PAUD di
gampong .
b.
Pada
dasarnya dari sisi ekternal, seluruh
guru PAUD dalam kecamatan Setia setiap bulannya mengadakan rapat koordinasi
guna melakukan evaluasi terkait perkembangan dimasing-masing PAUD. Dalam Rakor
bulanan tersebut juga turut dihadiri oleh Bunda PAUD.
c.
Kaitannya dengan peningkatan kapasitas dan
mutu PAUD, dengan menggunakan APBG 2017 kami telah memberikan
pelatihan kepada guru PAUD. Kami terus berusaha untuk meningkatkan
kapasitas tenaga pendidik sesuai dengan standar kompetensi yang ada
sehingga pada sisi SDM diupayakan tidak perlu ada keraguan lagi. Selain sarana
prasarana yang terus mengalami upgrading setiap tahunnya.
Adapun kelembagaan PAUD FAIDAH ILMU
Gampong Lhang adalah sebagi berikut:
1. Status
kepemilikan : Gampong
2. Status
Satuan PAUD : Swasta
3. No.
Izin Operasional : 411. 4/ 103/ 2017
4. Tahun
berdiri : 2017
5. NPSN : 69987267
6. NPWP : 02.651.550. 2-106.000
7. Nama
Pengelola : JULIYA ,S.pd
8. Jenis
Program : Kelompok Bermain
(KB)
SUSUNAN ORGANISASI PAUD FAIDAH ILMU:
1. Penanggung
jawab : Asrudin ( Kheucik Gampong Lhang)
2. Pengelola : Juliya S.Pd.
3. Bunda
PAUD : Ita Yuliana
4. Penasehat
: Tuha Peut
5. Sekretaris : Agus Minarni S.Pd
6. Bendahara : Zuriati
7. Tutor/
Pendidik : Juliya S.Pd.
Agus Minarni S.Pd
Zuriati
Program
satu lingkungan satu layanan PAUD
No |
Program Kerja PAUD Holistik Integratif |
Organisasi Mitra |
I |
Layanan Pendidikan |
|
1 |
Pembelajaran Demokratis berorientasi life skill (Karakter & mandiri
melalui pembiasaan & teladan) |
|
2 |
Media belajar di
Lingkungan sekitar &
nara sumber (dokter /polisi/ nelayan/ PMK ) |
|
II |
Layanan Kesehatan |
|
Timbang Berat Badan dan Ukur Tinggi Badan |
||
2 |
Makanan sehat/ Pemberian Makanan Tambahan dan Cuci tangan
dan kebersihan, bekal
bergizi, memantau jajanan |
|
3 |
P3K, suhu tubuh/ luka, Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh
Kembang, Vitamin A, imunisasi, periksa mata, telinga, mulut |
|
III |
Layanan Pengasuhan : Kelompok Pertemuan Orang tua |
|
1 |
Penyuluhan /diskusi mengenai, makanan lokal,pola hidup bersih dan
sehat, cacingan, garam,
yodium, cegah penyakit menular dll |
|
2 |
Konsultasi orang tua pertumbuhan & perkembangan anak |
|
3 |
Orang tua di kelas menata lingkungan main, membuat media, menjadi model profesi sesuai tema |
|
4 |
Orang tua menyediakan makan bersama bergilir sesuai rekomendasi ahli gizi
tentang menu gizi seimbang |
|
5 |
Orang tua menjadi
Panitia kegiatan sekolah
dan menyediakan PMT |
|
6 |
Kegiatan bersama keluarga
: surat pernyataan
sanggup melaksanakan
pengasuhan bersama/ program
parenting saat awal masuk PAUD |
|
7 |
Buku Penghubung :
Komunikasi dengan orang
tua tentang pertumbuhan & perkembangan anak & kegiatan anak di
rumah |
|
8 |
Rapor |
|
IV |
Layanan Perlindungan : anak terlindungi dari kekerasan fisik dan non fisik |
|
1 |
Lingkungan/ alat dan bahan main aman |
|
2 |
Tidak ada bully dan kekerasan atau ucapan guru/ orang dewasa lain di Lingkungan
PAUD |
|
3 |
Mengenalkan bagian tubuh yang boleh disentuh |
|
4 |
Mengajar anak untuk menolong diri sendiri apabila ada perlakuan tidak
nyaman misal : minta tolong |
|
5 |
Menghindari tempat/ orang yang berbahaya |
|
6 |
Semua area dalam jangkauan pengawasan |
|
7 |
Mendapat perhatian yang sama sesuai kebutuhan/ kondisi; guru ramah,
hormat, sayang, peduli, tidak mencap, situasi ramah/ santun/sayang; memastikan
anak pulang dalam posisi aman ( ada yang mendampingi ) |
|
8 |
Mengenai segera bila ada kecelakaan |
|
9 |
Menyisihkan dana bantuan
untuk PMT dengan melibatkan orang tua |
|
10 |
Semua anak termasuk anak Berkebutuhan Khusus |
|
BAB IV
RENCANA DAN TINDAK LANJUT
1. Meningkatkan
profesionalisme tenaga pendidik paud
dengan cara mengadakan pelatihan dan mengikuti workshop.
2. Melakukan
pendekatan kepada Dinas yang berkompeten untuk melancarkan program pendidikan
yang diselenggarakan.
3. Melakukan
kampanye kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.
BAB V
PENUTUP
Demikian profil Bunda PAUD ini kami susun dengan
harapan dapat dugunakan dengan baik oleh para yang berkepentingan sekaligus
sebagai data identitas diri dan patokan dalam melakukan kegiatan serta bagi
kalangan eksternal dapat digunakan sebagai salah satu bahan rujukan dan pembelajaran.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan profil ini masih ada beberapa kekurangan
sehingga secara etis diharapkan masukan yang membangun demi perbaikan kelompok
dan kegiatan kami. Dalam rangka
Apresiasi Bunda PAUD Se-Kabupaten Aceh Barat Daya ini PAUD FAIDAH ILMU mengucapkan banyak terima kasih.
Setia , 24 Agustus 2022
Bunda PAUD Gampong Lhang
ITA YULIANA
v FOTO -FOTO KEGIATAN
KEGIATAN PENDIDIKAN USIA DINI (PAUD), TAHUN
AJARAN 2022/2023 PAUD FA’IDAH ILMU GAMPONG LHANG
KEGIATAN MASAK SERBA IKAN B2SA
TINGKAT KECAMATAN IBU PKK
KEGIATAN MEMASAK SEBAR LABU TINGKAT
KECAMATAN SETIA
KEGIATAN LOMBA MASAK TINGKAT REMAJA
PUTRA PUTRA-PUTRI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI IBU
KEGIATAN SENAM BERSAMA ANAK KPM UTU MEULABOH
KGIATAN RAPAT PKK
KEGIATAN PENGAMBILAN HADIAH LOMBA
PERPUTAKAAN GAMPONG SE-KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2019
Komentar
Posting Komentar